PENEMUAN ARKEOLOGIS DAN KEBENARAN ALKITAB

Alkitab dan Arkeologi

Sering kita bertanya : Apakah fakta-fakta arkeologis membuktikan kebenaran Alkitab? Bagaimana dengan penemuan-penemuan arkeologis yang berhubungan dengan peristiwa-peristiwa didalam Alkitab?

Sebelum menjawab pertanyaan itu, mari kita pahami dulu apa itu arkeologi?
Arkeologi, adalah penyelidikan terhadap reruntuhan yang tidak dapat musnah, sampah peninggalan manusia yang terus bertahan dan tidak dirusakkan dari waktu ke waktu. Mula-mula dorongan untuk melakukan penggalian terhadap sisa-sisa peradaban kuno adalah hasrat untuk mendapatkan harta-karun.

Akan tetapi, dewasa ini metode-metode ilmiah yang paling mutakhir digunakan untuk menemukan serta menuelidiki sisa-sisa peninggalan zaman dulu untuk memperoleh pengertian yang lebih baik mengenai orang-orang zaman purba dan cara hidup mereka. Timur Tengah, khususnya daerah Palestina, menjadi sasaran penggalian-penggalian arkeologis disebabkan karena sejarahnya yang berlangsung terus.

Namun, perlu dicamkan : Arkeologi tanpa sejarah adalah sesuatu yang tidak berarti. Arkeologi hanya dapat memberitahukan adanya serangkaian perkembangan kebudayaan, tetapi tidak dapat memberikan suatu kronologi atau urutan waktu yang persis. Sejarah memberitahukan kepada kita kronologi, peristiwa-peristiwa, orang-orang dan tempat-tempat masa lalu.

Selama 100 tahun belakangan ini arkeologi telah membuktikan sebagian catatan-catatan yang terdapat dalam Alkitab. Misalnya : dua kota yang disebutkan dalam Alkitab, yaitu Sodom dan Gomorah, selama bertahun-tahun telah dianggap berhubungan dengan mitologi.

Akan tetapi, penggalian-penggalian yang dilakukan di Tell Mardikh, yang juga dikenal sebagai tempat kota Ebla, telah menemukan 15,000 lempengan tanah liat. Beberapa daripadanya telah diterjemahkan, dan ada yang menyebutkan Sodom dan Gomorah.

Pembuktian arkeologis lainnya meliputi bukti bahwa pernah ada penguasa bernama Belsyazar, suku bangsa Het bukan saja pernah ada, melainkan juga memiliki daerah kekuasaan yang luas; juga pernah memerintah seorang raja bernama Sargon, dan hal-hal yang menyinggung sejarah dalam Kitab Kisah Para Rasul dapat dibuktikan ketepatannya. Sedemikian jauh, penemuan-penemuan arkeologi telah membuktikan, dan sama sekali tidak membantah hal-hal yang bersifat historis dalam catatan Kitab Suci.

Walaupun arkeologi dapat membuktikan sejarah dan memberi keterangan dalam berbagai bagian Alkitab, namun adalah di luar bidang arkeologi untuk membuktikan bahwa Alkitab adalah Firman Allah. Sekarang ini arkeologi merupakan ilmu pengetahuan yang semakin maju. Meskipun data yang didapapatkan masih terbatas, namun dengan segala keterbatasannya dalam ilmu ini, sangat membantu dan menjelaskan bahwa banyak bagian Alkitab yang berhubungan dengan sejarah secara akurat.

Sesungguhnya sangatlah penting bahwa Alkitab memberikan suatu gambaran historis yang akurat. Kristianitas adalah iman yang bersifat historis yang emnandaskan bahwa Allah telah masuk dan campur tangan didalam sejarah manusia dengan melakukan banyak perbuatan yang hebat.

Meskipun mujizat-mujizat yang tercatat didalam Alkitab tidak dapat diuji secara ilmiah karena sifatnya yang supranatural, dan juga ada mujizat-mujizat yang tidak bisa dilakukan kembali, namun orang-orang, tempat-tempat, dan peristiwa-peristiwa yang disebut didalam Alkitab dapat diselidiki secara sejarah. Jikalau penulis-penulis Alkitab memberi gambaran sejarah yang tidak tepat, maka orang dapat meragukan apakah mereka layak dipercayai didalam hal-hal yang tidak dapat dibuktikan.

Dengan kata lain, jikalau para penulis Alkitab suci itu akurat didalam mengisahkan hal-hal yang terjadi, maka, tentunya mereka tidak dapat dikesampingkan begitu saja apabila mereka menyebutkan hal-hal yang luar biasa.

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: